Irvin Salinas lahir pada tanggal 8 desember 1988 di Othello, Washington dan lebih dikenal sebagai Pee Wee. Ia merupakan penyanyi American Mexico dan seorang actor. Dia juga merupakan mantan personil Kumbia Kings dan penyanyi utama dari Kumbia All Starz yang di ciptakan oleh AB Quintanilla III. Pada tahun 2008 ia meninggalkan Kumbia All Starz untuk menjadi penyanyi solo. Debut album solo pertamanya di rilis pada 11 Agustus 2009.

Pee Wee merupakan anak bungsu dari 3 bersaudara. Saudara perempuannya bernama Elizabeth Salinas dan saudara laki-lakinya bernama Simon Salinas. Ayahnya, Horacio Salinas adalah seorang pecandu alkohol dan dimasukan kedalam panti rehabilitasi ketika Irvin (pee wee) berusia 13 tahun. Setelah kedua orang tuanya berpisah ibunya, Maria Martinez, pindah ke kota kecil La Joya, Texas yang terletak di pinggiran kota McAllen, Texas. Di kota inilah Irvin mulai bekeja sebagai pencuci mobil dan pekerjaan-pekerjaan kecil lainnya guna mencukupi kebutuhan keluarganya. Pada usia 15 th, Pee wee bertemu dengan AB Quintanilla saudara dari Selena yang ia cuci mobilnya. Saat itulah AB Quintanilla menyatakan minatnya pada irvin dan mengajaknya casting untuk video clip bandnya. Irvin pun di terima beberapa hari kemudian. Dimana AB Quintanilla terkesan pada bakat Irvin dan mengajaknya untuk menjadi bagian dari Kumbia King dan ia pun menjadi anggota termuda dari band.

Kumbia Kings (2003-2006)
Karir seninya dimulai pada tahun 2003 ketika ia bergabung dengan band dari AB Quintanilla Kumbia kings setelah beberapa anggota seperti Frankie J dan DJ Kane meninggalkan band. Pada tahun 2004 ia merekam single dan video pertamanya " Sabes a Chocolate" di album Remixes Los 2,0 yang dirilis pada 6 April 2004 menjadi keberhasilan bulat dan menunjukan respons yang baik pada masyarakat. Karena sukses, AB Quintanilla memutuskan untuk membiarkannya tinggal dan memberinya julukan " Pee Wee" karena paling kecil dari semua anggota band. Album Fuego dirilis pada 5 Oktober 2004 termasuk kesuksesan singel kedua "Na Na Na (Dulce Nina)" yang banyak di terima oleh masyarakat dan berkat keberhasilan ini mereka mencapai popularitas terutama pada para fans berkat ke munculannya.

Pada 7 April 2005, Pee Wee dan AB Quintanilla beserta sisa anggota dari Kumbia Kings berpartisipasi dalam Selena ¡Vive! konser untuk menghormati Selena dengan menampilakan single "Baila Esta Kumbia". Kemudian Kumbia Kings merilis album Duetos pada 29 Maret 2006 termasuk didalamnya single "Baila Esta Kumbia".


Kumbia Kings merilis album live mereka, Kumbia Kings Live pada 4 April 2006 yang termasuk single utama "Pachuco". Mereka memenangkan Grammy Latin untuk album Kumbia Kings Live.


Kemudian Pada 6 Agustus 2006, pertentangan hukum antara AB Quintanilla dengan Cruz Martinez, Pendiri dari band, mengakibatkan AB Quintanilla meninggalkan Kumbia Kings. Anggota lain juga mulai meninggalkan band termasuk Pee Wee setelah Cruz Martinez menggantikannya dengan Jo-Joe karena ia tidak dapat tampil dalam sebuah konser. Pee Wee melajut kembali bersama AB Quintanilla dan Chris Perez (saudara ipar dari Quintanilla) bergabung dalam proyek berikutnya yang akan bernama Kumbia All Starz.

Kumbia All Starz (2006-2008)
Pada 6 Agustus 2006, Pee Wee menjadi vokalis utama dari band baru Kumbia All Starsz. Kumbia All Starz merilis single pertama mereka "Chicilla" pada tahun 2006 yang ternyata menjadi sebuah kesuksesan. Band ini merilis album debut mereka Ayer Fue Kumbia Kings, Hoy es Kumbia All Starz pada 3 Oktober 2006. mereka juga mengeluarkan single lain di tanun 2007 "Parece Que Va A Llover" dan "Speedy Gonzalez". Namun pada 1 Febuari 2008 diumumkan bahwa Pee Wee telah meninggalkan band untuk memulai karier sebagai penyanyi solo sebulan sebelum album kedua mereka Planeta Kumbia dirilis. AB Quintanilla menyatakan bahwa Pee Wee telah menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman yang namanya tidak ia sebutkan.Pada 12 Maret 2008, Pee Wee melakukan presentasi dalam program Don Francisco Presenta, transmitted by Univision. dimana ia menyatakan bahwa semua berita itu adalah palsu."Semua yang ia katakan adalah salah, saya tidak pernah menandatangani kontrak dengan perusahaan apapun, tapi saya telah menerima banyak tawaran akhir-akhir ini, tapi belum ada yang saya terima, belum ada", katanya. Juga pada deklarasi baku tentang ditinggalkannya oleh band dan dari perlakuan buruk yang ia dan rekan-rekannya terima dari AB Quintanilla.

Ketika seseorang bertanya apakah ia yang memutuskan untuk meninggalkan band, ia menjawab. " AB memberi kami tanggal pembayaran uang kami hasil rekaman yang kami lakukan. Namun tanggal telah jatuh tempo dan tak satupun dari kami mendapatkan uang tersebut. Kami telah melakukan pertemuan untuk membahas beberapa topik, tapi ternyata ia berkata pada kami bahwa kami dapat digantikan dan jika kami ingin pergi, pintu itu terbuka lebar untuk kalian. Aku dan rekan-rekanku seperti Memo dan Roque dapat pergi dan pintu itu terbuka itu berarti kami akan pergi.

Pee Wee sendiri memberikan pernyataan tanpa perwakilan dari perusahaan dari band ataupun siapapun. Dia menyatakan penganiayaan itu di alami oleh ibunya, Maria Martinez yang diapat dari Quintanilla yang telah mengutus perwakilan Luigi Giraldo untuk menghubunginya dan mengatakan mereka punya waktu 24 jam untuk meninggalkan rumah yang Quintanilla berikan pada Pee Wee dan ibunya. Pee Wee mengatakan ia tidak akan berhenti bernyanyi dan tidak akan meninggalkan penggamarnya.

Solo Karier (2008 - Sekarang)
Masalah dengan AB Quintanilla memaksanya untuk meninggalkan band Kumbia Kings All Starz. Setelah ia meninggalkan band tersebut, Cruz Martinez mengajaknya untuk bergabung dalam Bandnya Los Super Reyes, Tapi Pee Wee menolak undangan tersebut untuk mengejar karier sebagai pennyanyi solo. Kemudian ia bekerja sama dengan Eres XI pada lagu " Carita Bonita"

Pada 16 Juni 2008 ia menjadi tuan rumah dari seri Bust A Ritmo di MTV Tr3s

Pada tanggal 17 Juli 2008 Pee wee mengawali debut penyanyi solonga dengan menyanyikan single "Life is Dance Flor"

Pada tanggal 27 Juli 2009 telenovela Camaleones tayang perdana dimana Pee wee berperan sebagai Ulises Moran

Pada tanggal 11 Agustus 2009, Pee Wee merilis album solonya Yo Soy.

Comments (0)